Selamat Datang di Blog SD Negeri 11 Sungailiat --- ---- --- Jl. Teuku Umar Lubuk Keli Parit Padang Sungailiat Kabupaten Bangka ---- ---- ---- Selamat Datang di Blog SD Negeri 11 Sungailiat --- ---- --- Jl. Teuku Umar Lubuk Keli Parit Padang Sungailiat Kabupaten Bangka ---- ---- ---- Selamat Datang di Blog SD Negeri 11 Sungailiat --- ---- --- Jl. Teuku Umar Lubuk Keli Parit Padang Sungailiat Kabupaten Bangka
  • Proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 11 Sungailiat Kabupaten Bangka.
  •  Proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 11 Sungailiat Kabupaten Bangka.
  • Saat latihan pramuka di halaman SD negeri 11 Sungailiat, terlihat para siswa penuh semangat di tengah terik sinar matahari.
  • Meski di sekolah, kewajiban shalat harus tetap ditunaikan.
  • Senam pagi yang rutin dilakukan setiap Jum’at pagi di halaman SD Negeri 11 Sungailiat.
  • Sehabis senam pagi, dilanjutkan dengan kerja bakti, biar lingkungan sekolah tetap rapid an bersih.

Selasa, 06 November 2012

Selamatkan Pendidikan Kita !!!


Banyak anak yang putus sekolah setelah turunnya
harga timah, karet dan sawit
semakin memperihatinkan dunia pendidikan.


S
emakin banyaknya pengangguran dan anak putus sekolah pasca turunnya harga timah, karet dan sawit sebagai mata pencaharian pokok masyarakat (selaku orang tua) sangat memperihatinkan bagi kelangsungan dunia pendidikan kita. Karena itulah perlu usaha baru untuk menetralkan kembali pendukung (stakeholder) kelangsungan pendidikan tersebut. Salah satunya dengan menstabilkan harga barang dan menaikkan kembali harga dagang mata pencaharian masyarakat.
            Pemerintah harusnya tanggap dan bisa membaca akan hal demikian. Seperti iklan antisipasi uang palsu, dilihat, diraba dan diterawang. Harusnya ketiga perinsip tersebut dimiliki oleh pemerintah agar dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Tetapi kemungkinan dari problema tersebut ada unsur politik.


5 Pilar Pendidkan
Oleh : H. Sarnubi, S.Pd.


Disampaikan pada acara Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan tanggal 14 Februari 2009 di SDN 24 Sungailiat

Lima kunci pendidikan yang harus dijalankan disebuah lembaga pendidikan. Merupakan sebuah sistem yang saling keterkaitan.

1.        PTK (Pendidik dan tenaga Kependidikan)
Unsur-unsur pendidik dan tenaga kependidikan yang  diutamakan meliputi :
a.        Penjaga Sekolah, yang bertugas menjaga keamanan, kebersihan  dan ketentraman serta kenyamanan lingkungan sekolah.
b.        Guru, yang bertugas mendidik, membimbing, membina, menstimulus, memotivasi dan mengajar kepada peserta didik agar menuju kearah pendewasaan.
Guru juga merupakan sebagai anggota keluarga dalam lingkup sebuah lembaga, juga sebagai anggota masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial dan juga diupayakan meningkatkan kualitas pendidikan dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
c.        Kepala Sekolah, sebagai penanggung jawab sebuah lembaga pendidikan yang sedang dijalankan. Harus meiliki dua hal, yaitu; friendship dan fatnertship.
d.        Pustakawan, yang mengelola semua aktivitas belajar diluar kelas, dengan memperkaya pengetahuan melalui membaca buku-buku (sebagai pengayaan wawasan).
e.        Tata Usaha, membantu kepala sekolah dalam hal pelaporan, pembukuan surat masuk dan keluar dan lain sebagainya.
2.        Siswa
Sebagai peserta didik, ia harus belajar dan mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh guru. Selain itu ia juga harus menjaga dan memlihara kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah, dengan cara kerja bakti dan menjalankan piket.
3.        Orang Tua dan Komite
Sebagai orang tua dan komite sekolah, mereka harus menjalin kerja sama dengan pihak sekolah, dengan cara menjaga keasrian dan keamanan diluar lingkungan sekolah.
4.        Pemerintah (dalam lingkup kecil)
Pemerintah dimaksud diatas adalah sekup kecil dari pemerintahan daerah, seperti kelurahan, kades, RT/RW dan Kaling (kepala lingkungan) sesuai dengan keberadaan yang terdekat dengan sekola, juga harus terjalin kerja sama.
5.        UPTD Pendidikan (sekup kecil) sampai ke Depdiknas.
               UPTD Pendidikan merupakan kepanjangan tangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten, Provinsi dan Depdiknas. Sebagai lembaga bawahan, UPTD Pendidikan melayani lingkup pendidikan ditingkat SD.

Tidak ada komentar: